Sabtu, 12 November 2011 | By: yulia fitriani
Pagi hari Menyeruput secangkir kopi di kedai Coffee

Jum’at pagi, saya mendapat telpon dari seorang sahabat yang mengajak untuk ngopi , di Chese Plaza. Tanpa membuang waktu, saya dan sahabat saya segera meluncur ke sebuah kedai Cofee yang terletak di samping parkir Chese Plaza.
Pagi itu 5 meja yang tersedia sudah tersedia sudah terisi semua, tempatnya memang tidak terlalu besar tapi selalu ramai dikunjungi, terutama di jam 7-9 pagi, dimana banyak karyawan memanfaatkannya untuk breakfast. Lalu di jam makan siang dan terutama di sore hari jam 16.00 sampai jam 17.00, sambil menunggu bebas 3 in 1. Sedangkan sabtu dan minggu off karena memang sasarannya adalah karyawan kantoran.
Saya jadi ingin lebih tahu lagi sebuah biji kopi bisa menjadi nikmat dan dibuat berbagai hidangan minuman..
Ternyata pada era Tanam Paksa atau Cultuurstelsel (1830-1870) masa penjajahan Belanda di Indonesia, pemerintah Belanda membuka sebuah perkebunan komersial pada koloninya di Hindia Belanda, khususnya di Pulau Jawa, pulau Sumatera dan sebahagian Indonesiia Timur.jenis kopi yang dikembangkan di Indonesia adalah kopi jenis Arabika yang didatangkan langsung dari Yaman. Pada awalnya pemerintah Belanda menanam kopi di daerah sekitar Batavia (Jakarta), Sukabumi, Bogor, Mandailing dan Sidikalang. Kopi juga ditanam di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera, Sulawesi, Timor dan Flores.
Berbicara mengenai “Kopi terbaik Sumatera” , karakter atau rasa yang umum dari kopi Sumatera salah satu satunya adalah aromanya yang earthy atau seperti bau tanah tersiram air hujan dan saat diseruput terasa aroma herbalnya. Daerah penghasil Kopi Terbaik Sumatera :
-          Kopi Aceh, memang telah menjadi andalan Indonesia dalam hal produksi dan keunggulan mutu. Pasalnya Sekitar 40 persen biji kopi Arabica tingkat premium dari total panen kopi di Indonesia merupakan hasil produksi dari daerah Aceh.
-          Kopi Sidikalang –Sumatera Utara, sudah terkenal akan cita rasanya yang mantap, bahkan bukan hanya didalam negeri tetapi sampai ke luar negeri. Salah satu pesaing kenikmatan kopi Sidikalang adalah kopi brazil, yaitu salah satu kopi terbaik di dunia.
-          Kopi Lampung , jenis kopi yang dibuidayakan oleh kebanyakan petani kopi di daerah lampung adalah jenis kopi Robusta.
  Dan masih banyak lagi kopi terbaik di Indonesia, karena iklim dan letak geografisnya yang berbeda disetiap daerahnya.



Sumber:
id.wikipedia.org/wiki/Kopi_Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar